Mengenal Kerajinan Cincin dari Uang Logam Beserta Cara Membuatnya

Cincin uang logam, Sumber: static-src.com

Cincin dari uang logam biasanya dibuat dari uang logam 500 yang bergambar melati. Koin 500 bergambar melati dipilih karena memiliki warna kuning seperti emas yang tidak mudah pudar. Bahkan saat sudah dijadikan cincin banyak orang menggapnya emas asli.

Oleh karena itu cincin dari uang logam bisa dijadikan souvenir mewah yang harganya murah. Jika warna cincin sudah mulai memudar maka tinggal digosok atau dipoles agar warnanya berkilau kembali.

Apa Itu Uang Logam?

Tentang uang logam, Sumber: detik.com
Tentang uang logam, Sumber: detik.com

Sebelum membahas tentang cincin dari uang logam mungkin ada sebagian dari Anda yang belum pernah melihat atau mengetahui apa itu uang logam, nominalnya berapa saja dan terbuat dari apa. 

Uang logam adalah alat pembayaran dengan nilai nominal yang lebih kecil daripada uang kertas. Berbagai jenis uang logam memiliki karakteristik yang berbeda tergantung pada bahan dasarnya. 

Ada uang logam yang terbuat dari aluminium, nikel, atau kuningan. Uang logam aluminium cenderung ringan dan memiliki kilau metalik, sementara uang logam nikel lebih berat dan berwarna silver metalik. 

Uang logam kuningan memiliki tampilan keemasan dan bobot yang hampir setara dengan uang logam nikel. Beberapa uang logam bahkan dibuat dengan campuran dua bahan, seperti kuningan dan nikel. 

Uang logam dari bahan kuningan inilah yang sering dijadikan cincin. Namun karena sudah cukup langka, uang logam dari bahan lain juga bisa menjadi pilihan. Nominal uang logam yang masih sering digunakan adalah uang logam Rp 100, Rp 200, Rp 500, dan Rp 1000.

Cara Membuat Cincin dari Uang Logam

Cincin dari uang logam, Sumber: shopee.co.id
Cincin dari uang logam, Sumber: shopee.co.id

Setelah mengetahui apa saja jenis-jenis uang logam, kini saatnya Wiroto Craft akan membahas tentang cara pembuatan uang logam menjadi cincin yang cantik dan bernilai seni tinggi.

Membuat cincin dari uang logam membutuhkan keterampilan, ketelitian, dan kesabaran. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti saat akan membuat cincin dari uang logam:

1. Siapkan Bahan

Pertama, pilih uang yang akan digunakan untuk membuat cincin dari uang logam. Jika Anda ingin cincin dengan warna kuning keemasan maka bisa memilih uang logam 500. Namun jika ingin cincin dengan warna putih pilih saja logam pecahan 1000.

2. Buat Desain

Tentukan desain cincin yang ingin dibuat. Anda bisa membuat cincin yang sederhana atau dengan detail yang lebih rumit tergantung pada keterampilan dan selera. Membuat sketsa atau desain akan memudahkan proses pekerjaan.

3. Pengukuran dan Pemotongan

Gunakan penggaris dan marker untuk menandai bagian uang logam yang akan dipotong sesuai dengan ukuran cincin yang diinginkan. Pastikan untuk meninggalkan sedikit ruang ekstra untuk penyesuaian. 

Gunakan gergaji kecil atau alat potong logam lainnya untuk memotong uang logam sesuai dengan tanda yang telah Anda buat.

4. Pembentukan Lingkaran

Setelah Anda memotong uang logam sesuai dengan ukuran yang diinginkan, gunakan alat pengikir untuk membentuknya menjadi bentuk cincin. Pastikan untuk melengkungkannya secara perlahan dan hati-hati agar logam tidak rusak atau bengkok.

5. Penyesuaian Ukuran

Sesuaikan ukuran cincin dengan ukuran jari yang akan memakai cincin tersebut. Anda mungkin perlu melakukan beberapa kali penyesuaian untuk memastikan cincin pas di jari dan bentuknya sempurna.

6. Tambahkan Detail atau Hiasan

Jika Anda menginginkan cincin dengan detail tambahan atau hiasan, Anda dapat menambahkannya pada tahap ini. Misalnya, Anda bisa menambahkan tekstur, pola, atau hiasan lainnya menggunakan alat ukir.

7. Poles dan Finishing

Terakhir, poles permukaan cincin menggunakan kain lembut dan pasta poles khusus logam untuk memberikan kilauan dan tampilan yang bersinar. Jangan lupa bersihkan cincin secara menyeluruh agar hasilnya maksimal.

Cara Merawat Cincin dari Uang Logam

Perawatan cincin uang logam, Sumber: static-src.com
Perawatan cincin uang logam, Sumber: static-src.com

Setelah pemakaian beberapa lama biasanya cincin dari uang logam akan mulai kusam dan tidak berkilau lagi. Agar selalu tetap cantik meskipun sudah dipakai lama, Anda perlu merawat cincin tersebut menggunakan cara di bawah ini.

1. Bersihkan Secara Berkala

Untuk menjaga agar cincin tetap terlihat baru, Anda perlu membersihkannya secara berkala. Ada beberapa cara untuk membersihkan cincin logam. Bisa menggunakan mesin pembersih atau menggunakan cara manual.

Cara termudah membersihkan cincin logam yaitu dengan menggunakan pasta gigi. Pertama, basuh cincin dengan air hangat untuk membersihkan kotoran yang menempel secara merata. Kemudian, oleskan odol atau pasta gigi secara menyeluruh ke permukaan cincin.

Gosoklah cincin dengan hati-hati menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut, terutama jika cincin memiliki batu permata. Setelah itu, bilas cincin dengan air hangat untuk menghilangkan residu odol atau pasta gigi. 

Terakhir, keringkan cincin dengan tisu atau kain lembut sebelum menyimpannya kembali. Dengan cara tersebut cincin logam Anda akan kembali bersinar dan terlihat seperti baru meskipun telah lama dipakai.

2. Simpan di Tempat yang Aman

Anda harus memiliki tempat khusus untuk menyimpan cincin logam jika memiliki beberapa cincin yang dipakai secara bergantian. Tempat penyimpanan yang tepat akan membantu menjaga keindahan dan keawetan cincin tersebut.

Ketika tidak dipakai, cincin sebaiknya tidak hanya diletakkan begitu saja secara sembarangan. Permukaan yang terlalu keras dapat menyebabkan cincin tergores. Selain itu, pastikan tempat penyimpanan cincin selalu bersih. 

Kotoran yang menempel pada cincin yang sudah terlanjur mengering akan sulit untuk dibersihkan. Idealnya, tempat penyimpanan cincin memiliki lapisan yang lembut dan tidak kasar.

3. Pakai dengan Cara yang Tepat

Untuk menjaga keindahan cincin dari uang logam pakailah dengan cara yang tepat. Hindari mengenakan cincin saat Anda sedang beraktivitas yang berpotensi merusaknya seperti berolahraga, bekerja dengan menggunakan alat yang kasar, atau memasak di dapur. 

Memakai cincin logam dengan cara yang tepat akan membantu mencegah goresan, kerusakan, atau kehilangan. Selain itu, hindari juga memakai cincin saat Anda berenang atau mandi di dalam air panas.

Paparan air klorin atau suhu tinggi dapat merusak permukaan logam dan mengurangi kilauannya. Dengan memakainya secara bijaksana Anda dapat memperpanjang umur dan mempertahankan kecantikan cincin logam untuk jangka waktu yang lebih lama.

Cincin Logam dari Wiroto Craft

Membuat cincin dari uang logam, Sumber: tokopedia.com
Membuat cincin dari uang logam, Sumber: tokopedia.com

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki cincin dari uang logam untuk dijadikan souvenir maka bisa pesan di Wiroto Craft. Tentu saja Anda bisa memesan dengan desain dan ukuran secara custom.

Bisa dipastikan cincin logam produksi kami memiliki kualitas yang unggul sehingga layak dijadikan souvenir perusahaan eksklusif. Jika tertarik Anda bisa menghubungi kami untuk melakukan pemesanan atau berkonsultasi terlebih dahulu.

Written by