WirotoCraft

3 Rekomendasi Pajangan Dinding Ruang Tamu Minimalis

Pajangan dinding yang menyesuaikan konsep ruangan. Sumber: Unplash.com

Ruang tamu yang dijadikan sebagai tempat utama dalam menjamu pengunjung, tentunya dekorasi yang ada mampu mempengaruhi kesan pertama pengunjung terhadap interior rumah Anda. Mulai dari furniture hingga pajangan dinding ruang tamu yang ada.

Maka pemilihan dekorasi yang akan ditaruh pada ruang tamu perlu dipertimbangkan dengan baik. Agar kesan pertama yang terbangun dari pengunjung terhadap rumah Anda adalah kesan yang baik.

Selain untuk membuat terkesan pengunjung, dengan memilih dekorasi yang tepat juga akan menambah kenyaman Anda dan anggota keluarga Anda. 

Dengan demikian, dekorasi seperti pajangan dinding ruang tamu merupakan salah satu aspek terpenting dalam membangun penampilan dan suasa di dalam rumah Anda sehingga diperlukan sebuah pertimabngan yang matang.

Apabila Anda masih bingung bagaimana cara memilih dinding ruang tamu, Anda tak perlu khawatir arena dalam artikel ini akan kami paparkan tips memilih pajangan dinding dan beberapa rekomendasi pajangan dinding yang sekiranya cocok untuk Anda.

Oleh karena itu, simak artikel ini hingga akhir ya!

Tips Memilih Pajangan Dinding

Nah, sebelum langsung membahas pajangan dinding apa saja yang cocok untuk interior ruang tamu Anda perlu diketahui terlebih dahulu mengenai tips memilih pajangan dinding.

Kenapa? karena keindahan sebuah  interior ruang tamu berasal dari keharmonisan segala aspek yang ada didalamnya. Seperti konsep ruangan, material pajangan dinding, ukuran dan tata letak pajangan dinding haruslah tampak harmonis pada ruangan tersebut.

Apalagi jika Anda memiliki selera dekorasi sendiri untuk ruang tamu Anda, maka diperlukan beberapa pertimbangan untuk mewujudkannya.

Selain itu, mengatur furniture di ruang tamu juga penting untuk mewujudkan keharmonisan tersebut. Tidak bisa hanya sekedar menempatkan sofa, kursi dan hiasan dinding begitu saja. Dibutuhkan banyak pertimbangan dalam mengaturnya, pencahayaan misalnya. 

Daripada semakin pusing membayangkan bagaimana cara mewujudkan keharmonisan interior, mari langsung saja Anda simak tips memilih pajangan dinding ruang tamu berikut ini:

1. Sesuaikan dengan konsep ruangan

Sebelum menentukan pajangan dinding bagaimana yang akan dipilih, pastikan dahulu bahwa pajangan tersebut sesuai dengan konsep ruang tamu Anda.

Pajangan dinding yang menyesuaikan konsep ruangan. Sumber: Unplash.com
Pajangan dinding yang menyesuaikan konsep ruangan. Sumber: Unplash.com

Jika sesuai dengan judul artikel ini, kemungkinan besar Anda memiliki ruang tamu dengan konsep minimalis. Dimana konsep ini memberikan kesan bersih dan tenang maka biasanya warna yang dipadukan adalah warna monokrom dengan berbagai gradasinya.

Tapi hal itu bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan warna lainnya, hanya saja Anda perlu memilih warna yang senada supaya ruang tamu tetap terlihat rapi dan estetik.

Selain itu furniture yang memiliki kesan klasik juga bisa dijadikan alternatif untuk mendukung konsep minimalis ruang tamu Anda.

Dengan demikian, untuk lebih menghidupkan suasana di ruang tamu minimalis Anda bisa memilih pajangan dinding yang berwarna senada dengan warna cat atau furniture lainnya dan memiliki motif sederhana.

2. Perhatikan material yang dipakai

Banyaknya inovasi pajangan dinding membuatnya memiliki banyak jenis dengan material yang berbeda dan keunggulan yang berbeda pula.

Contohnya dekorasi dari kerajinan kayu, dengan serat kayunya yang diperlihatkan dengan jelas akan mampu memberikan kesan minimalis nan hangat pada interior ruangan Anda.

Atau material besi yang tidak kalah populer di kalangan pajangan dinding ruang tamu karena memiliki ketahanan yang baik. Sehingga pajangan dinding dengan material ini cocok bagi Anda yang memiliki anak kecil. Dimana anak kecil yang sedang gemar menelusuri segala benda.

Maka, memilih pajangan dinding dengan memperhatikan material apa yang cocok dengan kebutuhan Anda juga tidak kalah penting.

3. Sesuaikan dengan luas dinding

Pertimbangan selanjutnya yang tidak kalah penting saat memilih pajangan dinding adalah luas dinding yang akan menjadi lokasi pemasangan pajangan tersebut.

Karena sebuah dekorasi yang besar maka diperlukan tempat yang besar pula. Dengan demikian pemilihan besarnya pajangan juga perlu memperhatikan dengan luas dindingnya.

Sedangkan untuk lokasi pemasangannya, pastikan berada di lokasi yang mudah terlihat seperti di atas sofa atau pintu.

Pajangan dinding menyesuaikan luas ruangan. Sumber: www.dekorunik.com
Pajangan dinding menyesuaikan luas ruangan. Sumber: www.dekorunik.com

Namun apabila Anda ingin memaksimalkan segala sisi ruang tamu, Anda bisa memilih pajangan yang didesain khusus untuk diletakkan di bagian sudut. Sehingga sudut ruang tamu yang kosong bisa terisi dengan dekorasi pajangan dinding.

Rekomendasi Pajangan Dinding

Nah, setelah tau ketiga tips memilih pajangan dinding yang cocok Anda kini saatnya untuk menerapkan ilmu tersebut dalam memilih pajangan dinding mana yang akan Anda pilih dari beberapa rekomendasi yang kami ulas di bawah ini,

1. Lukisan atau Kolase foto

Pada konsep minimalis, lukisan merupakan rekomendasi mayoritas dalam aspek pajangan dinding. Seperti lukisan abstrak atau gambar akan cocok untuk menambah keindahan ruang tamu Anda.

Dari sentuhan warna yang bervariasi pada lukisan ruang tamu Anda akan terasa lebih hidup dan akan memberikan kesan yang mendalam di mata pengunjung Anda.

Namun jika Anda merasa kesulitan dalam menemukan lukisan yang cocok, Anda bisa menggantinya dengan kolase foto. Susunan dari beberapa foto yang dipajang bisa menghasilkan kesan hangat bagi tamu saat melihatnya.

Dalam peletakannya jangan Anda lakukan sembarangan supaya dinding Anda tidak akan terlihat terlalu ramai dan tidak sedap dipandang. Maka susunlah kolase foto sesuai polanya agar menciptakan kesan sederhana nan indah.

2. Cermin

Cermin sebagai pajangan dinding ruang tamu.Sumber: Unplash.com
Cermin sebagai pajangan dinding ruang tamu.Sumber: Unplash.com

Tak hanya sebagai pemanis ruangan, cermin juga berguna untuk pendistribusian cahaya pada ruang tamu Anda. Dengan demikian, ruangan akan terlihat lebih terang dan memiliki ukuran yang luas walau sebenarnya sempit.

Terlebih kini, cermin pajangan dinding sudah memilih banyak opsi seperti oval, kotak, bundar, dan bahkan abstrak. Anda bisa memilih cermin yang bisa disesuaikan dengan konsep ruang tamu supaya memiliki tampilan yang lebih menawan.

3. Rak dinding

Rekomendasi pajangan dinding ruang tamu selanjutnya adalah rak dinding. Karena sifatnya yang multifungsi membuat ruang tamu Anda lebih efektif. Ditambah kini dengan adanya rak dinding pojok dapat memaksimalkan ruang tamu Anda.

Selain menjadi penghias dinding, Anda bisa mengisi rak ini dengan koleksi buku atau miniatur kesukaan Anda. Namun jangan isi rak ini terlalu penuh, susunlah dengan teliti agar menghasilkan kesan aesthetic.

Nah itu dia tiga rekomendasi pajangan dinding yang dapat kami ulas dalam artikel ini. Namun sebenarnya masih banyak lagi pajangan dinding ruang tamu minimalis apabila Anda telusuri di internet.

Tetapi poin penting disini adalah pilihlah pajangan dinding yang tepat sesuai kebutuhan dengan memperhatikan konsep ruangan, material, lokasi, dan ukuran produknya supaya bisa menampilkan ruang tamu yang  mengesankan pengunjung yang datang.

Written by