WirotoCraft

Kerajinan Perak Kotagede, Souvenir Mewah Pilihan

Hasil dari kerajinan perak Kotagede Yogyakarta. Sumber: bookwisata.com

Tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki setidaknya lima daerah yang dikenal sebagai pusat penghasil kerajinan perak terbaik? Keterampilan dalam membuat kerajinan perak ini bukan terjadi secara instan, namun sudah menjadi aktivitas dari masa ke masa. Salah satu wilayah yang dimaksud adalah Kotagede di Yogyakarta. Bagaimana kerajinan perak Kotagede berkembang hingga saat ini?

Pada umumnya, kerajinan perak dibutuhkan untuk membuat perhiasan, pajangan maupun souvenir acara atau souvenir bank yang terlihat mewah. Oleh karena itu, tidak jarang orang-orang baik masyarakat setempat maupun pendatang berburu untuk membeli aneka kerajinan perak yang ada di Kotagede.

Jangan ragukan kualitas dari hasil kerajinan perak yang dikerjakan masyarakat Kotagede. Pasalnya, seni menempa, mengukir, hingga membentuk perak ini telah menjadi keahlian dari sebagian masyarakat Kotagede, sebab keahlian ini diajarkan secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Asal Mula Berkembangnya Kerajinan Perak Kotagede Hingga Menjadi Pembuat Souvenir Mewah

Jika Anda berkeliling di wilayah Kotagede, maka Anda akan mendapatkan banyak toko-toko kerajinan tangan perak yang ada di pinggir jalan. Mengapa demikian? Sebab hampir sebagian besar dari warga Kotagede mencari nafkah dengan membuat kerajinan perak. Lalu, apa yang menyebabkan warga memiliki ketekunan dalam membuat kerajinan perak?

Sejarah mencatat bahwa kerajinan perak Kotagede sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram Islam yang berdiri pada abad ke-16. Awalnya pengrajin perak hanya ditugaskan untuk membuat perhiasan perak untuk kebutuhan kraton. Namun, seiring berjalannya waktu perkembangan dari kerajinan perak mulai naik hingga hasil dari kerajinan tersebut dapat dikenal dunia.

Sekitar tahun 1930 hingga 1940-an, kerajinan perak di Kotagede mengalami masa kejayaan. Pada waktu itu muncul beberapa perusahaan baru yang bergerak dibidang kerajinan perak. Dimulailah pembuatan kerajinan dengan berbagai motif dan bentuk yang baru. Kualitas dari kerajinan tersebut pun terus ditingkatkan.

Hingga pada akhirnya, para pengrajin lokal berhasil mengembangkan kerja sama dengan pihak luar negeri. Secara keseluruhan, kerajinan perak yang diproduksi oleh masyarakat Kotagede terbagi atas beberapa jenis yaitu kalung, gelang, anting, dan cincin. Selain itu terdapat jenis pajangan souvenir seperti miniature, dekorasi, hingga hiasan dinding.

Daya Tarik dari Souvenir Kerajinan Perak Kotagede

Seperti yang telah diketahui bahwa keahlian dalam membuat kerajinan perak yang dimiliki sebagian besar masyarakat Kotagede lahir dari kebiasaan yang sudah dijalani dari generasi ke generasi. Dari berbagai kerajinan yang telah dibuat, maka lahir lah produk-produk kerajinan perak seperti souvenir pajangan, perhiasan, dan lain sebagainya.

Kerajinan perak berbentuk perhiasan. Sumber: ksmtour.com
Kerajinan perak berbentuk perhiasan. Sumber: ksmtour.com

Tentunya kerajinan perak yang ada di Kotagede memiliki daya tarik tersendiri jika dibandingkan dengan kerajinan perak di tempat lain. Kebanyakan dari motif dan bentuk yang dibuat berasal dari kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat Yogyakarta. Itulah yang menjadi keunikan atau ciri khas dari kerajinan perak ini.

Disamping itu, karya seni ini juga memiliki harga beli yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan jenis kerajinan perak dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar belasan atau puluhan ribu hingga jenis kerajinan perak yang harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Kualitas dari hasil kerajinan ini juga tidak sembarangan. Maka tidak aneh jika hasil produksi kerajinan perak bisa diekspor sampai ke luar negeri.

Tahapan Proses Pembuatan Kerajinan Perak Kotagede

Sebuah kerajinan seni yang menggunakan bahan dasar perak memiliki tahap proses pembuatan yang tidak sebentar. Untuk menghasilkan produk yang berkualitas, maka para pengrajin perlu memperhatikan setiap langkah dan teknik kerajinan perak dengan benar.

Langkah pertama yang dilakukan adalah menimbang bahan baku yang akan digunakan. Tujuan dari tahap ini adalah agar dapat menghasilkan perak yang mudah dibentuk dan hasil yang kokoh. Perlu diketahui bahwa bahan yang digunakan tidak hanya murni menggunakan perak, tetapi juga ditambahkan tembaga agar hasilnya lebih solid.

Proses pembuatan kerajinan perak Kotagede. Sumber: dream.co.id
Proses pembuatan kerajinan perak Kotagede. Sumber: dream.co.id

Langkah berikutnya yaitu mengambil Batangan perak yang sudah jadi, kemudian masuk pada proses memipihkan dan dibentuk seperti kawat. Tujuan dari proses ini yaitu agar mudah dibentuk oleh para pengrajin sehingga dapat menjadi aneka ragam perhiasan dan souvenir sesuai kebutuhan pesanan.

Setelah selesai, masuk ke langkah selanjutnya yaitu melapiskan kerangka dengan bubuk perak. Bubuk ini ditempel terlebih dahulu, kemudian dilebur dengan menggunakan las karbit hingga melapisi seluruh kerangka.

Masuk ke tahap berikutnya yaitu membersihkan kerajinan perak yang telah selesai dibentuk. Dalam tahap ini membutuhkan waktu yang cukup lama, sebab proses merebus kerajinan dengan menggunakan tawas ini harus dilakukan sebanyak lima kali pengulangan. Walau begitu, lama perebusan hanya memakan waktu sekitar 15 menit. Proses ini dilakukan agar tidak ada material lain yang menempel pada kerajinan perak tersebut.

Setelah diangkat dan ditiriskan, kerajinan perak kemudian digosok dengan getah buah lerak dengan tujuan memberikan permukaan yang mengkilap. Setelah melalui proses ini, maka kerajinan perak dapat dibersihkan dan menjadi sebuah kerajinan yang siap untuk dipasarkan kepada masyarakat setempat maupun wisatawan yang sedang berkunjung.

Hasil dari kerajinan perak Kotagede Yogyakarta. Sumber: bookwisata.com
Hasil dari kerajinan perak Kotagede Yogyakarta. Sumber: bookwisata.com

Sebagai masyarakat berkebangsaan Indonesia seharusnya memiliki kebanggaan tersendiri sebab kerajinan seni yang dapat menghasilkan produk berkualitas ini dibuat oleh tangan-tangan ahli yang juga warga negara Indonesia. Dengan membeli produk lokal seperti ini, Anda juga sekaligus membantu meningkatkan ekonomi perusahaan UMKM yang ada di pelosok negeri.

Tidak hanya berhenti di kerajinan perak, terdapat juga kerajinan tangan pelat logam yang tidak kalah kualitasnya. Hasil dari kerajinan tersebut juga dapat bersaing di pasar lokal maupun internasional. Untuk melihat langsung hasil dari produk kerajinan tersebut, Anda bisa memesannya langsung di Wiroto Craft yang menawarkan produk dengan harga yang ramah kantong. Segera hubungi kontak WhatsApp untuk informasi lebih lanjut.

Written by